Thursday, December 27, 2012

Manfaat Sarang Semut


Manfaat dan khasiat Sarang Semut Papua Untuk Pengobatan


Apa itu sarang semut Papua?

sarang semut papua
sarang semut papua
Sejak dahulu khasiat Sarang Semut Papua ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat pedalaman Papua sebagai obat, Umbi Sarang Semut Papua(Myrmecodia Pendans ) adalah sejenis tumbuhan yang tumbuhnya menempel pada tumbuhan lain yang bentuknya tak beraturan ( seperti palm botol ) dimana didalamnya terdapat rongga-rongga tempat berlalu lalangnya semut.
Tumbuhan endemik ini banyak dijumpai di pedalaman Papua dengan jenis semut hutan yang berbeda dengan semut pada umumnya yang biasa dikenal dengan sarang semut papua dan telah terbukti mengandung senyawa aktif anti kanker, dimana  dalam sarang semut tersebut terkandung dari air liur semut yang mengandung zat antibodi untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit yang sering di alami oleh manusia.

Manfaat dan khasiat sarang semut papua bagi kesehatan

Khasiat Sarang Semut Papua ini biasanya dimanfaatkan oleh beberapa suku di pedalaman Papua sebagai obat untuk mengatasi gangguan rematik dan asam urat. dimana Khasiat sarang semut papua ini telah dibuktikan dengan banyak penelitian manfaaat medis terhadap sarang semut, berbagai literatur menjelaskan bahwa manfaat medis Sarang Semut memang sangat berkhasiat dan dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit secara alami dan aman tanpa menimbulkan efek samping seperti : berbagai jenis kanker/tumor (kanker otak, kanker payudara, kanker hidung, kanker lever, kanker paru, kanker usus, kanker rahim, kanker kulit, kanker prostat dan kanker darah ).
khasiat sarang semut papua
Manfaat & khasiat sarang semut papua

Berikut ini pernyataan para peneliti tentang khasiat sarang semut papua

Sejumlah periset dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah melakukan penelitian manfaat medis terhadap sarang semut seperti yang dikemukan oleh :
Dr Ir Muhammad Ahkam Subroto M.App.Sc.APU : “Sarang semut yang ditemukan di pedalaman Papua mengandung senyawa aktif flavanoid dan tanin yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga ampuh mencegah sekaligus mengatasi serangan kanker”
Sarang semut merupakan sekelompok tanaman epifit yang menggelembung, dipenuhi duri tajam, dan di dalamnya terdapat labirin yang dihuni semut serta cendawan dan lebih lanjut menjelaskan bahwa anggota famili Rubiaceae itu, mampu mengatasi serangan kanker dengan menonaktifkan sel pembentuk kanker (karsinogen) dengan demikian akan menghambat siklus sel dan secara perlahan akan melakukan induksi apoptosis yang akan mematikan sel kanker
Menurut dia, penemuan senyawa anti kanker dalam umbi sarang semut dapat menjadi alternatif pilihan dalam pengobatan bagi penderita kanker. “Secara medis, hingga kini belum ada obat yang benar-benar bisa membunuh sel kanker,” ucapnya. Sementara itu, sarang semut telah melalui uji toksisitas kronis dan terbukti aman dikonsumsi tanpa efek samping.

Manfaat sarang semut papua untuk penyembuhan penyakit

manfaat sarang semut papua
manfaat sarang semut papua
Secara empiris  Manfaat dan khasiat sarang semut papua telah terbukti dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit karena secara empiris seperti yang telah dikemukakan  oleh Ahli Peneliti Utama LIPI Dr. M. Ahkan Subroto,  yang  menyatakan bahwa senyawa aktif yang terkandung dalam Sarang Semut itu adalah Flavonoid, Tanin, dan Poliefenol yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh.
Tanaman itu berpotensi membunuh semua jenis sel kanker kecuali kanker nesofaring dan secara tradisional digunakan untuk mengobati berbagai jenis kanker dan tumor, seperti kanker otak, hidung, payudara, lever, paru-paru, usus, rahim, kulit, prostat, dan kanker darah. “Bukti empiris di lapangan juga telah banyak ditemukan di Papua.
Banyak masyarakat yang menderita kanker sembuh setelah mengkonsumsi sarang semut,” katanya. Cara mengkonsumsi dapat dilakukan dengan mengeringkan sarang semut dan menumbuknya menjadi bubuk kemudian bubuk di rebus dalam air selama beberapa lama hingga air rebusan berwarna cokelat lalu diminum seperti teh (teh sarang semut) atau anda juga dapat membelinya karena saat ini sudah banyak yang jual teh sarang semut papua dalam bentuk kemasan maupun ekstrak dengan harga terjangkau.
  1. Kanker dan tumor Jenis-jenis kanker dan tumor, baik jinak maupun ganas, yang dapat disembuhkan dengan Sarang Semut adalah kanker otak, kanker hidung, kanker payudara, kanker lever, kanker paru-paru, kanker usus, kanker rahim, kanker kulit, kanker prostat, serta kanker darah (leukemia), kecuali kanker tenggorokan dan rongga mulut. Kemampuan serta khasiat sarang semut papua juga secara empiris untuk pengobatan berbagai jenis kanker/tumor tersebut diduga kuat berkaitan dengan kandungan flavonoidnya. Ada beberapa mekanisme kerja dari flavonoid dalam melawan tumor / kanker, misalnya inaktivasi karsinogen, antiproliferasi, penghambatan siklus sel, induksi apoptosis dan diferensiasi, inhibisi angiogenesis, dan pembalikan resistensi multi-obat atau kombinasi dari mekanisme-mekanisme tersebut.
  2. Gangguan jantung, terutama jantung koroner Hingga kini mekanismenya memang belum jelas, tetapi kemampuan Sarang Semut untuk pengobatan berbagai macam penyakit/gangguan jantung ada kaitannya dengan kandungan multi-mineral yang terkandunga pada Sarang Semut papua , terutama kalsium dan kalium.
  3. Stroke ringan maupun berat Pengobatan stroke kemungkinan sangat berkaitan dengan kandungan multi-mineral yang terkandung dalam Sarang Semut.
  4. Ambeien (wasir) Kemampuan Sarang Semut untuk pengobatan ambeien (wasir) berkaitan dengan kandungan flavonoid dan taninnya yang tinggi. Kedua golongan senyawa ini dalam beberapa penelitian memang sudah terbukti dapat mengobati wasir.
  5. Benjolan-benjolan dalam payudara Yang dimaksud dengan benjolan-benjolan pada payudara adalah pembengkakan bukan tumor (non-neoplasma). Diduga kuat mekanisme penyembuhannya serupa dengan kasus tumor dan kanker, yaitu dengan mengandalkan kemampuan kandungan flavonoid yang terkandung dalam Sarang Semut.
  6. Gangguan fungsi ginjal dan prostat Mekanisme pengobatan gangguan fungsi ginjal dan prostat kemungkinan ada kaitannya dengan kandungan antioksidan (flavonoid dan tokoferol) serta multi-mineral yang ada dalam Sarang Semut.
  7. Haid dan keputihan Proses pengobatan untuk keputihan dan melancarkan haid ada kaitannya dengan kandungan flavonoid, tanin, dan multi-mineralnya, terutama kalsium dan seng.
  8. Melancarkan peredaran darah Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral yang terkandung dalam sarang memiliki peranan penting dalam melancarkan peredaran darah.
  9. Migren (sakit kepala sebelah) Untuk pengobatan migren berkaitan dengan fungsi kandungan flavonoid dan multi-mineral dalam Sarang Semut, khususnya kalsium, natrium, dan magnesium.
  10. Penyakit paru-paru (TBC) Pengobatan TBC terkait dengan peranan flavonoid yang terkandung dalam Sarang Semut yang berfungsi sebagai antivirus.
  11. Rematik (encok) Ini terkait dengan kemampuan flavonoid sebagai inhibitor enzim xanthine oxidase dan antioksidan serta tokoferol sebagai antioksidan dan multi-mineral yang terkandung dalam Sarang Semut.
  12. Gangguan alergi hidung, mimisan, bersin-bersin Senyawa-senyawa yang bertanggung jawab terhadap gangguan ini adalah antioksidan (tokoferol dan flavonoid) dan tanin.
  13. 13. Sakit maag Seperti halnya TBC, yang berperan dalam pengobatan maag adalah flavonoid yang terkandung dalam Sarang Semut sebagai antibakteri.   Berikut ini manfaat sarang semut papua untuk penyembuhan berbagai macam penyakit

Manfaat Sarang Semut Papua Untuk Stamina

Tambahan manfaat sarang semut Papua untuk pria dan wanita
teh sarang semutSelain telah sarang semut papua telah terbukti secara empiris dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti yang telah disebutkan  di atas, Hasil olahannya dalam bentukTeh Sarang Semut juga dapat digunakan untuk untuk melancarkan dan meningkatkan ASI, memulihkan gairah seksual, dan memulihkan serta menjaga stamina.
  • Melancarkan dan meningkatkan ASI Kandungan multi-mineral dari tumbuhan Sarang Semut Papua diduga memiliki peranan yang penting dalam melancarkan dan meningkatkan produksi ASI, mempercepat proses pemulihan kesehatan ibu setelah melahirkan, dan memulihkan kewanitaan (sari rapet)
  • Memulihkan gairah seksual Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral dari tumbuhan Sarang Semut Papua diduga memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan gairah seksual ini.
  • Melancarkan peredarahan darah
  • Memulihkan stamina tubuh Kandungan antioksidan yang tinggi (tokoferol dan flavonoid) dan multi-mineral dari tumbuhan Sarang Semut Papua diduga memiliki peranan yang penting dalam memulihkan kesegaran dan stamina tubuh.
Pemanfaatan sarang semut sebagai obat bisa dilakukan secara tradisonal maupun dalam bentuk ekstraksi dan obat olahan. Mengenai mekanisme kerja kandungan senyawa aktif  Sarang Semut papua dalam mengobati berbagai penyakit tersebut memang masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dan kemungkinan senyawa aktif yang berperan menaklukkan berbagai macam penyakit.
Semoga artikel tentang manfaat dan khasiat sarang semut papua ini bermanfaat

No comments: